Bus Jogja – Semarang

Hari jum’at lalu  sesampainya di jogja setelah dari jakarta, sore harinya harus nyampai semarang. Karena ada teman yang sedikit mbulet jadi membuang waktu dan biaya, karena seharusnya dari jakarta bisa langsung semarang, namun teman di jogja bersedia ikutan ke semarang ehh ternyata setelah sampai jogja dia malah masih di kediri.😦 Tapi gak papa juga sekalian maen ke kosan teman untuk nyambung tali silahturahmi biar rejeki dan umur ditambah Allah, karena itulah efek dari silaturahmi. Amin.

Pagi itu searching rute untuk ke semarang, mulai cari peta kota semarang dan bus yang membawa ke semarang. Setelah semuanya siap, meluncurlah menuju semarang. Aku putuskan berangkat dari terminal Giwangan Jogjakarta. Kalo dari terminal giwangan ternyata yang menuju semarang banyak bus ekonomi dengan harga karcis Rp. 18.000, tapi karena aku pengen naek yang patas ac aku coba tanya ke petugas terminal, yang ada adalah bus nusantara tapi sayangnya dalam sehari dari terminal giwangan ini tidak lebih dari 5 bus. Maka jika anda tergesa-gesa mendingan naek dari terminal bis jombor saja. Disana tiap jam ada pemberangkatan menuju semarang dan ada dua bus yaitu nusantara dan ramayana. Kedua bis ini adalah bis patas ac dengan harga tiket Rp. 35.000 di luar hari lebaran. Karena kemarin baru pertama jadi awalnya juga bingung gimana nih caranya, jika sudah terlanjur di terminal giwangan maka naek bus mini jurusan borobudur dengan ongkos 3ribu akan mengantar ke terminal jombor. Di terminal jombor bis patas ac jurusan semarang siap berangkat. Jadwal berangkat pagi mulai jam 6 dan yang terakhir jam 4 sore.

Jika perjalanan lancar maka akan tiba di semarang 3 jam berikutnya. Tapi jika masih siang tidak akan lewat kota semarang melainkan akan masuk tol semarang, untuk itu lihat tujuan kita dulu semarang sebelah mana, karena bis patas ac ini akan berhenti terakhir di terminal terboyo yang letaknya jauh dari kota. Kalau sudah malam biasanya bis ini akan lewat kota. Kemarin karena aku menuju stadion jatidiri maka aku turun di pertigaan sukun, biasanya kernet akan bilang ke penumpang kalau sudah sampai sukun.

Berikut ini rute yang dilewati bus ini antara lain start dari terminal jombor – muntilan – magelang – secang – ambarawa – bawen – ungaran – semarang – terminal terboyo. Kemarin saat melintas muntilan masih begitu terasa dampak dari erupsi merapi, seperti jaman purba aja karena banyaknya abu vulkanik di kampung2 sepanjang jalan. Saat magelang jadi tau pabrik karoseri industri transportasi yang terkenal dan tahu terminal tidar. Secang adalah pertigaan menuju temanggung dan wonosobo. Nah jika sudah sampai ambarawa bakal melewati monumen palagan ambarawa tapi jika jalur lintas sudah jadi kayaknya bus tidak akan melewati ini karena arusnya yang cukup padat. Bawen adalah pertigaan dari arah solo dan sekitarnya. Ungaran adalah kawasan industri dari semarang, disini banyak pabrik2 dan pabrik terkenal yang aku tau kemarin adalah pabrik biskuit nissin.😀 Tapi yang pasti pemandangan dari jogja menuju semarang cukup indah karena melewati jalan2 pegunungan yang banyak tanjakan dan tikungan.

Semoga sedikit pengalaman pribadi ini bisa jadi pedoman bagi yang ingin bepergian dari jogja ke semarang dengan naik bus. SELAMAT MENIKMATI PERJALANAN ANDA

15 Komentar

Filed under News

15 responses to “Bus Jogja – Semarang

  1. Baik….. Terima kasih. INfo yang sangat saya butuhkan. Sekali lagi terima kasih banyak.

  2. iya sama2 semoga bermanfaat, senang kalo bisa share dan bermanfaat bagi laennya..😀

  3. Terimakasih infonya, sangat membantu. Besok saya Insyaallah Sabtu akan ke Semarang, ke Hotel Horison buat seminar dari Detik.com. tau rute dan harus pindah berapa bus menuju Hotel Horison?

  4. wawan

    untuk mas handoko, maaf saya tidak hafal semarang, karena baru pertama kali kemarin ke semarang dan yang saya tuju adalah stadion jatidiri. 🙂

  5. pas nyari,pas ketemu…siip mas broo

  6. makasih banyak mas tas infonya
    bermanfaat banget yang masih baru dalam perjalanan pake bus yang biasanya cuma pakai motor hehe
    kalao jadwal semarang jepara ada eg ya?
    soalnya tujuan utama jepara….
    jalur kereta yogya semarang sudah tidak ada ya….

    • heheh..maaf kalo semarang jepara banyak kayaknya bisnya, terutama dari terminal terboyo..bis dari jakarta bagus2… iya kereta sudah tidak ada lagi…

      ________________________________

  7. arum sakti

    makasih bgt ya mas.. saya baru mau latihan ke semarang sendiri.. jd mantep setelah baca ini.. mksh🙂

  8. Fandanu Firdyan Syah

    Gan klau taun baru kaya gini, bis arah semarang masih ada ga ? kira2 tgl 30/31 ?

  9. pratikasari

    Kalau dari jogja terminal jombor turun stasiun semarang poncol bisa? Itu harus naik bus apa?

    • Maaf, krn sy wktu itu jg hnya numpang lewat semarang jd g hafal jg. Dulu sih kalo udh mlm bis dr jogja lwt kota semarang tp apa lwt depan stasiun itu ane krg tau.

  10. kalo mau ke joga dari semarang dan naik bus patas, nainya di mana ya, di per 4 tan sukun atau mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s