Opiniku: Surat QS.Al Insyirah 94:1-8 )

Dalam beberapa kesempatan sholat berjama’ah di berbagai tempat, surat ke 94 dalam Al-Qur’an ini sering banget dibacakan oleh imam masjidnya. Entah sholat jum’at entah waktu sholat magrib atau isya juga shubuh bahkan di acara tv setelah shubuh itu, surat ini juga pernah dibahas pas setelah semalaman aku bertanya dalam hati, ada apa dengan surat ini ya? kok sering aku mendengarnya.

Nah, kalo membaca terjemahan dari isi surat tersebut adalah :

  1. Bukankah kami Telah melapangkan untukmu dadamu?,
  2. Dan kami Telah menghilangkan daripadamu bebanmu,
  3. Yang memberatkan punggungmu?
  4. Dan kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,
  5. Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
  6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
  7. Maka apabila kamu Telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,
  8. Dan Hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Asbabun Nuzul Surat al-Insyirah ayat 1-8

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari al-Hasan bahwa ketika ayat ini (al-Insyiroh;6) turun, Rasulullah saw bersabda: “Bergembiralah kalian, karena akan datang kemudahan bagi kalian. Satu kesusahan tidak akan mengalahkan dua kemudahan.”

Mungkin ini petunjuk dari Allah, agar aku tidak mudah mengeluh dan selalu ingat bahwa bersama kesulitan yang datang selalu ada kemudahan. Iya, ini berkaitan dengan aku yang kemarin2 sering mengeluh tentang beban kerja yang aku rasa melebihi batas kemampuanku.

Harusnya aku lebih bersyukur lagi, karena ketika mengeluhkan masalah pekerjaan atau minimal sharing beban kerja dengan teman di KPPN ternyata, ketika di jalan pulang dari KPPN melihat ada yang lebih berat lagi beban kerja daripada yang aku kerjakan, misalnya saja, tukang parkir, tukang kios rokok, tukang gorengan, kuli gali, supir angkot. Mereka lebih berat lagi daripada aku. Kalo aku, belum bekerja sudah dibayar, gaji rutin bulanan, tunjangan rutin bulanan, belum lagi ada tambahan dari transport. Sedang mereka harus berusaha keras baru bisa mendapatkan uang, kepanasan atau kehujanan, bahkan bisa lebih dari 8 jam kerja.

Iya mungkin dengan seringnya aku mendengar ayat tersebut, aku diingatkan oleh Allah agar lebih bersyukur lagi dan selalu mengerjakan dengan ikhlas segala pekerjaan.

Yaa Rabb, Ampuni hamba yang selalu merasa tidak sanggup dalam pekerjaan.

Sungguh sebenarnya ada yang lebih dibawah lagi daripada aku.

Tiada kesulitan yang Engkau berikan tanpa Engkau sertakan kemudahan-kemudahan.

 

Tinggalkan komentar

Filed under Moslems

Tinggalkan Balasan

