Bahagia itu sederhana: sego kucing ada cerita

Siang ini kondangan di kolega ciehh kolega bahasanya. Alias teman kerja sihh di daerah tebet. Datang saat akad nikah adalah selalu jadi pilihanku. Karena dari sekian menu makan di acara hanya pempek yang menarik hati jadi aku pilih itu saja sekalian merasakan sama ga ya dengan pempek slamet jambi yang hanya di awang2 merasakannya hahaha. Sekalian lebaran dengan pak dhe, mumpung dipenghujung syawal.


Setelah sholat dhuhur karena pas acara ada di masjid raya daerah tebet iseng2 telepon pak dhe si penjual angkringan yang dagang pada pagi smpi siang doang. Dan hanya beliau yang berani anti mainstream dagang diluar jam kebiasan pedagang angkringan lainnya. Ternyata beliau dagang, ya tanpa cas cis cus langsunglah rotom plat abang gaspol menuju pol tangan pasar minggu. 90-100km gas motor ditarik, karena tinggal 15 mnt mau nutup beliau. Alhamdulillah, dtengah jalan nabrak ninja, cukup dengan kata “maaf” langsung bisa ngacirr. Hehehe

Alhamdulillah, nasi kucing masih tersedia tapi tahu bacem dan telur puyuh udah habis. Karena udah siang juga sihh.. Tp gpp, menyruput seger es teh manis dahaga pun reda. Nasi kucing 2 bungkus cukup mengenyangkan.

Indahnya berbagi:

Selesai makan ngobrol dulu sama anak pak dhe, karena pak dhe ga da. Beberapa menit kemudian ada 2 anak kecil datang mau beli makan siang, dari sepintas yang aku terteka adalah mereka anak jalanan, Dia sudah mengeluarkan uang recehannya dari mengamen di angkot. Tanpa pikir panjang langsung aja aku suruh ambil nasinya, Dia bingung, karena aku suruh ambil tanpa membayar, akhirnya mereka berdua mau tanpa berucap terima kasih om. Setelah buka bungkus nasi, salah satu dari mereka cuci tangan dulu sebelum makan.

Duduklah dia disampingku, aku tanya,’siapa yang ngajari cuci tangan?’,jawab si bocah:’Mama dirumah.’ Aku tanya lagi,’ kamu kelas berapa?’, ‘kelas 3 om,’ jawabnya. Dan ternyata dua bocah itu masih sekolah, dia ngamen kalo hari libur dan kadang pulang sekolah, kata si penjual angkringan. Jadi teringat masa kecil.

berbagi walau hanya 4 ribu rupiah tapi bisa menenangkan hati.. Alhamdulillah Yaa Rabb, bisa berbagi dengan mereka.

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (٢٩)

29. Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah[1] dan mendirikan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan[2], mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi [3].

[1] Yakni yang mengikuti perintah-perintahnya dan menjauhi larangan-larangannya, membenarkan beritanya dan meyakininya, tidak mengedapan ucapan apa pun di atasnya, dan membaca pula lafaz-lafaznya serta mempelajarinya, mempelajari maknanya dan menggali isinya. Inilah arti tilawah, yakni mengikuti dan membaca. Kemudian Allah Subhaanahu wa Ta’aala menyebutkan tentang shalat secara khusus setelah umum, di mana shalat adalah tiang agama, cahaya kaum muslimin, timbangan keimanan dan tanda benarnya keislamannya. Demikian pula disebutkan infak, baik kepada kerabat, orang-orang miskin, anak yatim dan lainnya, dan termasuk pula zakat, kaffarat, nadzar dan sedekah.

[2] Yakni dalam setiap waktu.

[3] Karena perdagangan itu adalah perdagangan yang paling tinggi dan paling utama keuntungannya, yaitu memperoleh keridhaan Allah, memperoleh pahala-Nya yang banyak (surga) dan selamat dari kemurkaan dan siksa-Nya (neraka). Yang demikian karena mereka ikhlas dalam melakukan amal itu, tidak ada maksud atau niat yang buruk sama sekali.

http://www.tafsir.web.id/2013/04/tafsir-fathir-ayat-29-38.html

Tinggalkan komentar

Filed under News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s