Madura yang asekk

Akhirnya kesampaian juga berkunjung ke pulau madura tapi walau sebenarnya sudah sering tapi kali ini beda. Niat touring kali ini adalah karena janji ku kepada saudara di perantauan yang akan aku kunjungi sebelum lebaran. Iya, mereka adalah pedagang Soto Ayam Madura di depan kantorku. Madura adalah nama pulau dan nama suku di propinsi jawa timur, walau orang madura sendiri tidak pernah nyebut mereka dari jawa timur tapi dari madura. Semenjak ada jembatan suramadu akses ke pulau ini jadi lebih gampang dan nyaman. Walau kemarin nyebrang naek motor terasa ngilu dan ngeri karena sempat ditutup hari sebelumnya ada badai angin laut, walau udah reda ketika lewat senut2 terasa di kepala, angin dari timur menghepas motor terasa mau jatuh, kenceng ngeri kepanting, pelan goyang2..hahaha

Berangkat pada hari selasa yang rencana pagi, tapi karena mudikku masih bawa kerjaan jadi stanby telepon dan laptop tak lupa dibawa ke pulau madura. Alhamdulillah sinyal buat tetering hp masih kuat di sana.

Perjalanan aku mulai pukul 11.00 keluar rumah, lanjut naek bis harapan jaya ke surabaya dengan biaya tarif lebaran 22rb, dengan fasilitas AC dan full music, lumayan nyaman, buktinya sepanjang 3 jam aku tertidur. hehehe  Sampi di surabaya, naek ojek 35rb ke rumah kakak daerah karangmenjangan belakang RS dr. SOetomo. Dari rumah kakak start  jam set 4 pinjem motor kakak ipar. Nyebrang sekitar setengah jam. Menikmati laut dari atas jembatan, dan angin yang kenceng membuat miris.😦

Aku jadi inget idiom2 cak nun tentang suku madura, yang sangat mengelitik, tapi orang madura pada umumnya pekerja keras, ibarat kata rela sengsara diperantauan tapi di kampungnya rumah mewah megah.

Sampailah aku di tanah merah, aku dijemput diajak ke rumahnya, dan alhamdulillah rumahnya masuk ke dalam2, jalan tegalan, rumah jarang2, naek turun bukit gersang. Tapi yang aseekk di madura adalah, tiap rumah punya mushola keluarga yang letaknya di luar. Karena kalo mau ke masjid yang lokasinya jauh tidak akan sempat cepet nyampek malah bisa udah selesai sholatnya..hehehe Rumahnya gede2, walau gede kata teman asli madura, dalam rumah paling isi 3 kamar aja. Dan tipe rumah madura adalah punya teras yang luas, bisa buat jungkir balik dahh..hehehe

Kedua, orang madura ramah2, lha datang saat buka kasih menu makan spesial, rujak madura kalo dijawa sejenis gado2 uleg karena disebut rujak gak pake petis🙂 ada martabak telur yang isinya bihun ma petis sebagai sambalnya. Mantabs dahhhh Jadi orang madura yang sudah ke kota keliatan galak atau judes karena mereka jauh dari kampung halamannya yang secara manusiawi akan membawa perubahan kepada cara survive. Secara garis besar sambutan kalo ada tamu ramah banget, walau masih satu propinsi tapi karena sudah beda suku dan terpisah laut, maka bahasa jadi salah satu kendala.

Ketiga, makanana di madura banyak jenisnya, ada rujak madura, ada martabak madura, ada sate sapi, nasi jagung ikan asin ada kolak susu dan masih banyak yang lain. Kalo orang madura identik yang dijual adalah kayak sate ayam madura, atau terkenal karena tukang besi tua. Kalo sudah di madura itu beda banget..hehehe Pokoknya hobi makan dehh orang madura itu.. wekekekeke

Keempat, jalan2 raya di madura atau jalan lintas kotanya sudah halus dan lebar2, jadi mengakibatkan orang madura naek motor atau mobil ngebut2 ngeri, dan ada idiom orang lokal sana, kalo lampu sign itu tidak dianggap. Karena kalo mau nyebrang mending berhenti di pinggir dulu, liat depan belakang ada kendaran gak, baru deh nyebrang..

Kelima, karena di tipi ada berita rawan begal, nah ini menjalar ke tanah madura, jadi pada gak berani keluar sendirian naek motor bagus, pasti dikalungi clurit ntar ma begalnya, trus rawan pencurian sapi, jadi kandang sapi di madura sekarang tertutup rapat, kalo kandang sapi biasanya terbuka hanya ada atap, sekarang di madura kandang sapi tertutup semua dari atas bawah kanan kiri. Pada sakti2 para pencuri sapi. Jadi sekarang orang2 madura pada tidur di teras rumah sambil jaga.

Madura punya cerita dahh pokoknya, semoga bisa kesana lagi Yaa Allah..

Tinggalkan komentar

Filed under News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s