Surau lima edisi juli

Semalam setelah beberapa bulan lalu, adalah untuk kesekian kalinya kami para pencari hakekat ngopi bareng di komunitas surau lima yang hanya berempat. Dan biasanya hanya bertiga saja. Sedang teman satunya adalah tidak selalu ada karena sudah berkeluarga. Sejak sang penggagas ini telah dipanggil Sang Khalik 2 tahun lalu. Jadi aku berinisiatif tetap menjaga komunitas ini. Doa kami menyertaimu Gus Lis. Amin  

Nah, tiap bulan saat mudik saya sempatkan untuk bersilaturhami dengan yang bisa dikatakan bahwa beliau orang yg jd guru atau teman sharing. Niat semalam mau sharing apa yang sekarang sedang aku jalani dan alami ya tapi beliau memberikan gambaran nasehat dengan cara lain yang gampang dipahami. 

Akhirnya berikut catatan kecil dari sharing semalam dengan teman2: 

Surau lima

1. Sy g bth pencitraan, g butuh penilaian org2 yg beranggapan sy baik.

2. Perjalanan hidup dan beban hidup yg bs org berbuat menjdi lbh baik

3. Blm djalani tp sdh blg g bs. Bagaimana bs blg g bs. Krn sdh terlalu khawatir.

4. Pejabat kok mnta tlg, hrsnya pejabat bs sndri mandiri. Hrsny pejabat menolong org yg tdk mampu

5. Kadang kita kasihan bs slh org, yg hrsnya dikasihi tp malah g terpikir.

6. Romadhon itu sdh biasa kalo dibln laen krn kita terbiasa utk membiasakn diri melakukan itu. Utk terbiasa itu emg hrs dr proses kebiasaan.

7. Lailatul qodar tdk sm tiap org dan tdk prlu dcari. Krn itu hak tiap org sperti wisuda.

8. Kita tdk usah menghitung reward hak kita dlm ibadah krn Allah yg lbh tau. Kita melakukan sesuatu psti ada manfaatnya jd kita tdk usah berhitung2 pahala. Jgn smpi hilang fokusmu kpd Allah. Beragama lupa berTuhan

9. Pemahaman beribadah ada levelnya misalnya utk tingkat dasar tdk paham akan maknanya. Kalo org yg mengejar pahala bs sombong. Kalo kadar pemahamannya tinggi takutnya bs ngenthengne.

10. Jilbab itu bgs tp kalo kelakuannya yg pake menyimpang jgn dsalahkan jilbabnya tp itu adalh kelakuan orgnya dan lain sisi.

11. Slh satu hal dlm kehidupan yg plg sulit dan berat adlh memutuskan sesuatu. Tp itu ttp hrs diputuskn walau dg wktu singkat dan data terbatas. Serahkan saja pada Sang Maha Mengetahui

12. Nekad adalah salah satu petunjuk Allah. Dibalik nekad ada anugerah. Nasib baik insya Allah akan menghampiri org yg nekad/pemberani dalam niat baik.

13. Ketika mnghadapi org jgn hny jd pendengar tp jg hrs bertanya spya bs kepegang atau ambil keputusan. Itu kunci menghadapi org. Dan kita hrs datar tenang, tdk blh emosi, tdk blh terenyuh. Marah adlh senjata terakhir tp marahnya agar bs merubah org tp jk tdk bs berarti sdh kalah. 

14. Perusahaan Org expatriat korea, jepang, inggris berfilosofi bhwa kerja adalah agama. Kalo kita ada prioritas utama adlh agama. Krna apa yg dmakan buat keluarga adlah dr kerja.

15. Krn aku dl dlm masa prihatin dlm hal ekonomi jd ibu berpesan ktka udh kerja puas2in apa yg org tua blm bs kasih km lakukan. Makanya skrg foya2 dan gampang royal ma org lain. 

16. Klo kita jd sorotan kerja krn baik psti org akan byk menilai kita baik. Krn aku jg g itung2an dlm mmbntu. 

17. Kalo nasehati org dg hati insya Allah diterima dg hati dan pikiran tapi kalo nasehati hny dg pikiran maka hny sampai pikiran saja dan tdk akan sampai hati.

18. Kalo km dpt istri yg tdk sholeha itu jd tgs km utk mendidik n membimbing agar jd sholeha. Jgn hny disayang2.

19. Perintah sholat itu adalah perintah yg plg halus kalo didengarkan dengan hati.

Tinggalkan komentar

Filed under Nasihat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s