Langgar atau mushola

Alhamdulillah malam ini bisa dataang ke padhangmbulan setelah 5 tahun lalu memutuskan hijrah ke Jakarta. Dan, ini pertama kali ke forum maiyah PB berangkat sendirian, karena 2 tahun lalu teman seperjuangan yang banyak memberi pencerahan dalam hidup telah dipanggil lebih dulu oleh Sang Khaliq. Yah, sekalian napak tilas untuk mengenang masa2 pencarian ilmu di forum ini. Dan, sampai sekarang masih haus akan ilmu, karena tiada jenuh dalam pencarian barokah ilmu. Namun, memang terasa berbeda semuanya.

Tema Padhangmbulan malam ini adalah “Dzikral Ahahiba“, atau mengenang aktifis2 maiyah yang sudah dipanggil-Nya. Sekalian, ku panjatkan doa untuk kawanku Nanang Ashari dan Nur Kholis. Dalam diskusi kali ini yang dibahas selain tentang siapa sosok yang telah meninggal itu juga bahas lain. Seperti judul diatas, Cak Nun juga bahas tentang perjuangan bapaknya dalam mengajarkan nilai2 di lingkungan kampung meturo. Bagaimana saat itu, para anak2nya dan orang2 sekitarnya menggunakan langgar atau mushola sebagai sarana untuk menyampaikan ilmu kepada mereka.

Langgar atau mushola sebenarnya adalah tempat ibadah ukuran tidak terlalu besar tapi punya manfaat yang besar di jaman sebelum millenium sekarang ini. Mungkin, masih ada langgar yang menjadi tempat sarana pendidikan selain buat sholat di daerah pedasaan. Tapi kalo di kota2 sekarang sepertinya sudah tidak lagi, karena kebanyakan sudah di kunci.

Diceritakan bahwa langgar  jaman dulu biasa buat tempat memberikan ilmu melalui ngaji dan anak2 pada jaman itu biasa tidur disana tanpa orang tua mencari. Dan, alhamdulillah aku juga pernah merasakan tidur di langgar walau teman2 seusiaku tidak ada yang seperti kakak di atasku.

Tinggalkan komentar

Filed under Moslems

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s