Argo Parahyangan

Argo Parahyangan adalah kereta jurusan Bandung – Jakarta atau pun sebaliknya, dari Jakarta menuju Bandung. Dulu kereta ini terpisah, yaitu gabungan dari kereta Eksekutif Argo Gede dan kereta bisnis Parahyangan. Kereta ini sehari bisa melayani perjalanan sebanyak 9 kali, Mulai dari pagi sampai malam hari tak lelah mengantar orang dari bandung ke jakarta atau sebaliknya.

Kemarin tanggal 19 Juli 2010 aku berkesempatan naik kereta ini, Setelah dari jogja semalam sebelumnya, sempat istirahat 2 jam di rumah paman selain untuk mengambil hp yang tertinggal. Di jogja berencana langsung ke jakarta naek kereta ekonomi tapi aku batalkan karena keretanya penuh sesak dengan suporter tim ibukota, karena bawa bawaan yang lumayan berat jadi aku naek kereta ekonomi jurusan bandung saja, sekalian mengambil hp.

Sampai stasiun kota bandung pukul 13.15 WIB, karena tidak tahu jam berapa keretanya aku nyantai saja sebab jika ketinggalan bisa naek yang berikutnya karena saking banyaknya jadwal kereta ini dalam sehari. Aku lihat ke papan jadwal ternyata ada yang berangkat 13.30 WIB, ya akhirnya aku pilih yang ini. Tiket untuk eksekutif 45rb untuk bisnis 30rb, tapi untuk diluar jam itu tiket eksekutif 65rb, ya aku pilih coba kelas eksekutif saja, karena harga yg terpaut tidak begitu besar. Ini adalah untuk pertama kalinya dalam seumur hidupku aku naek kereta kelas eksekutif, hati deg deg degan tak tanggung-tanggung rasanya. Dengan tiket kelas eksekutif di tangan, berjalan berlagak orang sukses, pura2 aja tanya ke petugas peron mana kereta argo parahyangan??(padahal emang gak tau sebenarnya.heheheh) dengan sopan petugas menjawab di jalur 6 pak. Aku lanjutkan langkahku menuju jalur 6, memang di jalur 6 lagi ada kereta yang parkir, Aku coba masuk ke gerbong paling belakang sendiri dan didekat pintu itu ada tulisan eksekutif 1 persis sama dengan yang tertera ditiketku. Ketika aku masuk ada mbak2 yang sedang membersihkan toilet kereta, aku lagi tanya untuk memastikan bahwa ini benar kereta yang akan membawaku ke jakarta. Maklumlah pertama kalinya naek kereta eksekutif, takutnya salah kan malah malu2in..hehehhe.

Akhirnya aku cari tempat dudukku, lha lumayan sepi sih yang naek kereta ini. Aku cek no tempat dudukku dengan tiket ku, aku sebangku dengan ibu2 tp karena banyak tempat yang kosong aku cari saja yang kosong biar gak berhimpit2an. Kereta berangkat tepat pukul 13.30, jakarta i’m coming dalam hatiku berkata.

Emang fasilitas kelas eksekutif nyaman banget bagiku, dengan air conditioner, ada bantal, ada televisi ( sayang nggak dinyalakan), toilet yang bersih, pramugari yang cantik2 dan sopan dan senyumnya yang manis dalam menawarkan makanan, kondektur yang sopan dengan senyumnya ,kata selamat siang pak!karcisnya pak! terima kasih pak! begitu beliau ucapkan kepada tiap penumpang. Wah tak terbayangkan berapa ratus kali sang kondektur berujar seperti itu. Tapi dari semua pengalamanku itu yang paling aku sukai adalah pemandangan selama perjalanan, waw sungguh wonderful!!! Kereta melewati pegunungan yang berkelok2, melewati terowongan, berbagai jembatan yang panjang, dan berjalan berdampingan dengan tol cipularang yaitu tol yang membuat jarak bandung-jakarta menjadi lebih cepat. Dari kereta ini mobil2 yang berjalan di tol tersebut seolah2 seperti maenan anak2.

Tinggalkan komentar

Filed under News

Tinggalkan Balasan

